Satpam IAIN Diduga Terpapar Virus Covid 19, Ini Penjelasan Humas IAIN Cirebon


CIREBON, FC - Salah seorang Satuan Pengamanan (Satpam) di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, diduga terpapar virus covid 19. Kabar tersebut, Kamis (13/9/2020), sudah beredar luas di media sosial (medsos).

Saat dikonfirmasi via telepon selulernya, H.M.Arifin MAg, Kasubag Humas IAIN SNJ Cirebon belum bisa memastikan apakah benar terpapar virus covid 19 atau tidak, lantaran belum ada hasil SWAB. 

Namun kejadian tersebut dibenarkan, tetapi belum bisa dijelaskan secara detail. 

"Ya, Satpam sift malam. Tapi sudah langsung dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan tes SWAB, jadi kami belum tahu apakah benar terpapar virus covid 19 atau bukan," jelas Arifin, Kamis (3/9/2020).

Arifin juga menjelaskan, sesungguhnya secara kelembagaan, seluruh dosen masih dalam Work From Home (WFH), dan sampai sekarang masih berjalan, kecuali ada hal teknis seperti berkaitan dengan tandatangan. 

Demikian juga dengan seluruh mahasiswa yang masih di rumahkan, di mana perkuliahannya dilakukan secara darring, (online).

"Hanya kami tidak bisa memastikan kedatangan mahasiswa ke kampus dengan membawa berbagai argumen keperluan teknis, padahal sudah kami larang," katanya.

Arifin juga menyampaikan bahwa tadi pagi, Jum'at (4/9/2020), Kabag umum dan Humas didampingi Kasubbag Umum Rektorat sudah berkoordinasi dengan Satgas Covid 19 Kota Cirebon yang bertempat di kantor BKKBN.
 
"Salah satu hasilnya adalah  menanyakan tracing kontak eratnya dengan siapa aja dan akan dilakukan SWAB di kantor BKKBN," jelasnya.

Dijelaskan, selama ini, sepanjang pandemi covid 19 berlangsung, kata Arifin, pihaknya sudah memberlakukan sejumlah peraturan dan pengetatan, baik  sosial distancing, WFH, pengunaan masker juga penyediaan air dan sabun serta cairan disinfektan. Bahkan kampus juga menyiapkan alat test suhu badan.

"Sejumlah kegiatan yang menyangkut program kelembagaan, baik itu seminar dan lainnya itu kita lakukan secara darring (online)," terangnya.

Pihak kampus juga belum bisa memastikan apakah scurity tersebut benar terpapar virus corona atau tidak. "Kita lagi menunggu hasil tes SWAB," katanya lagi.

Sementara itu, berdasarkan pantaun FC dilapangan, seluruh pintu gerbang keluar masuk  kampus ditutup rapat dan dijaga ketat Satpam. 

Demikian juga dengan kampus Syariah di depan kampus lama dan kampus baru FITK yang berdampingan dengan gedung kampus S2 IAIN Cirebon, yang ditutup dengan portal dan juga dijaga ketat oleh scurity kampus. (Nur)



Terkini