Carlan, Mahasiswa Penyandang Tunanetra Berhasil Meraih Kesuksesan Dikarir dan Pendidikan


FOKUS CIREBON, (FC) - Rasa bangga sangat terlihat di raut wajah Carlan, salah seorang  mahasiswa Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang berhasil menyelesaikan disertasi pada semester V, dan tinggal selangkah lagi meraih gelar Doktornya.

Carlan, lelaki kelahiran Kabupaten Kuningan, pada tahun 1972 silam, terus berkarya sekalipun memiliki kekurangan pada fisiknya, Carlan tidak pernah lelah dan mengeluhnya. Bahkan kekurangan itu dianggapnya sebagai anugrah dan motivasi bagi setiap aktivitasnya.

Carlan penyandang tunanetra ini, membuktikan dirinya mampu seperti kebanyakan pria lainnya yang berfisik normal, dan hasilnya memang sangat membanggakan. Terbukti, baru semester V,  dirinya sudah mampu menyelesaikan disertasinya dan mengikuti Ujian Sidang Tertutup dan penguji sejumlah Profesor baik dari dalam IAIN SNJ Cirebon maupun dari luar.

Disertasi yang diajukan Carlan soal hidup keberagaman di Cigugur,  Kabupaten Kuningan dan mendapat    pujian banyak pihak.

Carlan mengaku, ia dan istrinya sama-sama penyandang tunanetra,  dan keduanya mendapat anugrah dari hasil kerja kerasnya menjadi Aparatur Sipil Negeri (ASN) di Pemkab Kuningan. Istrinya sebagai pendidik di SLB Kuningan.

Kini Carlan, tinggal selangkah lagi,  gelar doktor pun akan disandangnya. Civitas Akademika IAIN SNJ Cirebon pun bangga dengan kemampuan dan keberhasilan mahasiswa pascasarjana S3 ini yang lebih cepat ketimbang mahasiswa pascasarjana lainnya.

"Selamat, semoga ini bisa menjadi motivasi bagi yang lain," terang Muhamad Arifin M.Pd.i,  Pranata Humas IAIN SNJ Cirebon kepada sejumlah media.  (din)

Terkini