Tema 'Indonesia Rukun' Pada Upacara HAB Ke 75 Diikuti Ratusan Pegawai IAIN SNJ Cirebon

FOKUS CIREBON, (FC) -  Terik sinar matahari yang berbalut udara sejuk pagi menyinari halaman depan kantor Rektorat IAIN Cirebon. Di halaman ini tampak barisan putih hitam dan putih biru berbaris rapih bersama unsur pimpinan IAIN Cirebon untuk melaksanakan kegiatan Upacara Hari Amal Bakti (HAB) Ke 75, Selasa (5/1/2021).

Upacara yang digelar pada pukul 07.15 WIB ini, melibatkan unsur Menwa sang pengibar bendera merah putih serta Pramuka dan Paduan Suara Mahasiswa (PSM).

Dalam upacara tersebut disegarkan dengan sejumlah informasi beasiswa juga Keputusan Presiden dalam pemberian penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada ASN yang sudah mengabdi selama 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun, dengan kriteria tertentu.

Pada upacara ini juga dibacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia yang disampaikan langsung oleh Inspektur Upacara, Rektor IAIN SNJ Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg.

Disebutkan sejak Kementerian Agama diresmikan.pada 3 Januari 1946 banyak sudah torehan sejarah yang dibangun dalam rangka menuju cita cita Indonesia

Selain itu Kementerian Agama RI selalu membangun kehidupan bertoleransi yang merupakan penjabaran dari Pancasila dan UUD 1945.

Niatkan semangat baru untuk membangun Kementerian agama, termasuk kinerja dan pelayanan, juga pelayanan haji dan umroh. Kemudian juga penguatan moderasi beragama, juga terus merawat persaudaraan, ini semua untuk mewujudkan cita cita  Indonesia dan berada pada kebangsaan yang damai dan rukun.

"Mari mengedepankan akal sehat dan hikmat di dalam menyikapi persoalan kebangsaan di negara ini. Jadikanlah agama sebagai inspirasi dalam membangun kehidupan berbangangsa dan bernegara dengan terus merawat persaudaraan," ujar Sumanta dalam sambutannya. 


Rektor IAIN SNJ Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim M.Ag saat melakukan penanaman pohon pertama dilahan lingkungan Perumahan GSP, Karya Mulya.

Usai Upacara HAB Ke 75, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon di lahan Perumahan GSP, Karya Mulya, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon. Pada kegiatan penanaman pohon ini mengambil tema 'Hijau Kampus ku, Semangat Kuliah ku'. 

Sementara itu, Pranata Humas, H. Muhamad Arifin M.PdI, menyatakan bahwa kegiatan penanaman pohon di tanah seluas 8 450 M2 merupakan rangkaian kegiatan yang dilangsungkan pasca Upacara HAB Ke 57.  

"Alhamdulillah, semua rangkaian kegiatan berjalan lancar.  Mulai dari pelaksanaan Upacara HAB ke 57, sampai dengan kegiatan penanaman pohon. Semua ini tentu berkat kerjasama yang baik dari semua unsur di civitas akademika IAIN Cirebon," ucapnya saat ramah tamah usai penanaman pohon di Perumahan GSP, Karya Mulya. (din)
 



Terkini