Bupati Cirebon Hadiri Kegiatan Pengukuhan Prof Dr H E Sugianto.SH MH Sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Hukum

Bupati Cirebon, Drs H Imron M.Ag saat memberikan sambutan pada kegiatan pengukuhan Prof Dr H E Sugianto.SH MH sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Hukum, di Gedung FITK, IAIN Cirebon, Sabtu (27/2/2021).


FOKUS CIREBON, FC -  Dengan pakaiam khasnya, batik merah mega mendung, Bupati Cirebon, Drs H Imron M.Ag hadiri kegiatan pengukuhan Prof Dr H E Sugianto SH MH sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Hukum IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Sabtu, (272/2021).

Acara yang digelar di lantai 5, gedung FITK IAIN Cirebon, Jalan Perjuangan, Kota Cirebon, juga dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Teluk Bintuni, Papua Barat, serta Direktur SDM Kementerian Pendidikan dan Kebidayaan Republik Indonesia dan tamu negara serta relasi kolega lainnya.

Bupati Cirebon dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas pengukuhan guru besar ilmu hukum kepada Prof Dr H E Sugianto SH MH yang diakuinya sebagai sahabat dekat, khsusnya dalam kajian dan diskusi-diskusi hukum.

"Tidak sedikit konstribusi beliau di bidang hukum untuk Pemerintah daerah dan masyarakat di Kabupaten Cirebon. Beliau juga adalah sahabat baik saya, sekaligus guru hukum. Selamat Pak Sugianto, semoga karya-karyamya terus mengalir untuk kepentingan masyarakat Indonesia, khususnya di Kabupaten Cirebon," papar H Imron.

Bupati Cirebon juga berharap, agar peran IAIN Syekh Nurjati Cirebon bagi masyarakat Kabupaten Cirebkn terus ditingkatkan, khusunya dalam pencerdasan dan pencerahan agama.

Apalagi perkembangan teknologi IT  kian berkembang dan maju, tentu peran agama sangat dibutuhkan bagi memfilter dan menangkal islam.ekstrim. 

Menurutnya kekerasan berbasis agama tidak hanya mengancam kemajemukan bangsa, atau berlawanan dengan HAM. Melainkan juga membahayakan keutuhan bangsa dan Pancasila. 

"Sebagai bangsa yang masyarakatnya amat majemuk, kita sering menyaksikan adanya gesekan sosial akibat perbedaan cara pandang masalah keagamaan. Ini tak ayal dapat mengganggu suasana rukun dan damai yang kita idam-idamkan bersama. Umtuk itulah, pentingnya peran IAIN SNJ Cirebon untuk hadir di tengah-tengah masyarakat," pinta Bupati.Cirebon.

Sementara itu, usai sejumlah sambutan, Ketua Senat IAIN SNJ Cirebon melangsungkan pengukuhan Prof Dr H E Sugianto SH MH sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Hukum IAIN SNJ Cirebon. Dengan demikian, guru besar tersebut sudah resmi disandangnya. (din)

Terkini