Kapolresta Cirebon Tinjau Desa Babakan Ciwaringin Penyandang Gelar Desa Tangguh


FOKUS CIREBON, (FC) - KAPOLRESTA Cirebon Kombes Pol. M. Syahduddi. S.I.K, M.S.i. meninjau kampung tangguh ‘Tohaga’ di desa Babakan, kecamatan Ciwaringin, kabupaten Cirebon, Sabtu (6/1/2021).

Menurutnya kampung tangguh ‘Tohaga ‘adalah masyarakat tangguh dalam segi keamanan, ketahanan pangan, kemudian ketangguhan dalam komunikasi dan informasi, kesehatan juga ketangguhan dalam menghadapi Covid-19.

“Kampung tangguh adalah program di mana lonjakan terindikasi masyarakatnya positif covid 19 cukup tinggi, dengan cara ini diharapkan penanganan penyebaran virus covid 19 ini mudah diatasi secara sistematis dan terdeteksi secara awal ditangani secara dini agar penyebarannya tidak membesar,” jelasnya.

Ditambahkan, sehingga masyarakatnya sudah dapat secara mandiri bertahan hidup dengan suplay bahan makanan yang ada di lingkungan sekitar secara swadaya masyarakat, dan juga kebutuhan ekonomi pendukung lainnya dikelola secara mandiri oleh masyarakat sekitar.

Desa Babakan Ciwaringin dianggap layak menyandang gelar desa tangguh dikarenakan penduduknya yang mayoritas  dari luar daerah dan juga wilayah kecamatan sekitar, sudah sering kali mengadakan test swab dan antigen kepada seluruh santrinya. Ditambah banyak posko penanganan Covid-19 yang ada di desa tersebut, serta para santri di masing-masing pondoknya membuat kebun mandiri tanaman pokok makanan seperti sayuran, buah-buahan, dan juga apotek hidup yang ditanam secara swadaya oleh para santrinya.

Semua kriteria yang ada sudah memenuhi syarat untuk menyandang predikat kampung tangguh, hal itu juga yang diutarakan oleh Camat Ciwaringin, H Kholidin Supriyadi, S.Sos, M.Ak. dalam sesi sambutannya di depan para tamu undangan.

Ditambahkannya lagi, bahwa pasien yang diduga positif covid 19 angkanya menurun sangat drastis dikarenakan masyarakatnya saling bahu-membahu dalam penanganannya, serta peran aktif para ulamanya yang sangat bijaksana dan cekatan dalam menginformasikan alur santrinya yang keluar masuk pondok dan juga test swab antigen secara mandiri.

H. Syatori, selaku Kepala Desa Babakan, Ciwaringin mengaku sangat bangga dan mengapresiasi atas predikat kampung tangguh yang disandangnya, dan diharapkan kami dapat mempertahankan predikat tersebut dan juga semoga virus Corona ini hilang dari negeri ini khususnya Desa Babakan Ciwaringin, ungkapnya kepada awak jurnalis yang meliput di lokasi kegiatan.

Kapolsek Ciwaringin, AKP. Iwan Gunawan, SH juga menambahkan pesan agar masyarakat khususnya masyarakat Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon ini agar selalu mematuhi prokes yang telah ditetapkan pemerintah baik pusat maupun daerah.

"Jangan lupa menggunakan masker di setiap kegiatan di luar rumah dan 5M harus tetap dipatuhi oleh kita semua seluruh masyarakat khususnya yang ada di Kecamatan Ciwaringi," tandasnya.  (Fiki)

Terkini