Fauziah Hasni Mahasiswa IAIN Cirebon Juara 1 Lomba Puisi Indonesia Skill ASEAN

 

Fauziah Hasni, Mahasiswa Semeter VI Jurusan PGMI, IAIN SNJ Cirebon saat mempersiapkan diri untuk lomba puisi Imdonesia Skills ASEAN.


FOKUS CIREBON, FC - Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Fauziah Hasni, menorehkan prestasi gemilang di tingkat ASEAN. Wanita kelahiran Cirebon, 08 Agustus 2000 ini sudah mengarumkan nama baik kampusnya.  

Fauziah Hasni dinobatkan juara 1 pada kejuaraan lomba puisi Indonesia skills ASEAN yang diselenggarakan di Banten, setelah bersaing ketat dengan peserta dari Brunai Darusslam dan Singapure.

"Bagi saya yang terberat yakni peserta dari Brunei Darussalam dan Singapure. Tetapi alhamdulillah, dengan modal tekad yang kuat, saya berhasil menjadi juara," katanya saat berbincang dengan fokuscirebon.com, Kamis (25/3/2021).

Menurut Fauziah, ada banyak hal yang menjadi pengalaman baru pada perlombaan tersebut. Selain bertemu dengan berbagai karakter peserta dari sejumlah negara ASEAN, Ia juga harus meyakinkan diri untuk mampu menjadi juara dari 2.024 peserta. 

"Ini juga yang menjadi tantangan saya, melihat jumlah peserta yang begitu banyak dari luar indonesia dan dari Indonesia sendiri. Apalagi mereka bagus-bagus, tapi saya tetap meyakinkan diri harus bisa keluar menjadi juara, kuncinya adalah optimis," kata Fauziah, sambil tersenyum, karena bisa membuktikan diri keluar sebagai juara.

Ditanya persiapan apa saja yang dilakukan dalam menghadapi lomba ASEAN tersebut, Fauziah mengungkapkan, dimulai dari mempersiapkan teks puisi dengan membaca banyak puisi karya sastrawan nasional maupun internasional, untuk sebagai gambaran diksi dari puisi yang ingin dirinya kirimkan. "Untuk persiapan tersebut saya membutuhkan waktu seminggu," katanya.



Selain optimisme yang tertanam pada dirinya, Fauziah juga bisa melangkah mantap pada perlombaan tersebut, karena kampus IAIN SNJ Cirebon sangat mendukung dalam perlombaan tersebut.

Sementara diakhir perbincangannya, Fauziah berharap, semoga kampusnya  mengembangkan kembali mahasiswa yang mengikuti lomba nasional maupun internasional," ucap mahasiawi semeter VI Jurusan PGMI, IAIN Syekh Nurjati Cirebon ini. (din)

Terkini