Semangat Berqurban Warga di RW 14 Masjid Subulussalam Cukup Tinggi

Rapat panitia DKM Subulussalaam untuk persiapan pelaksanaan shalat Hari Raya Idul Idul Adha 1442 H dan pemotongan hewan qurban.


HARJAMUKTI, FC - Sekalipun 
Hari Raya Idul Adha 1442 H masih satu bulan lagi atau kurang lebih 38 hari, namun warga di sekitar Masjid Subulussalaam RW 14 Permata Harjamukti Utara cukup tinggi dalam semangat berqurban. 

Saat ini saja sudah ada 2 ekor sapi dari dua kelompok, serta 2 ekor kambing qurban yang terkumpul di masjid setempat.

Untuk itu, pihak pengurus DKM Subuluussalaam langsung membentuk kepanitiaan hewan qurban dan mempersiapkan sedini mungkin untuk menyambutnya agar dalam pelaksanaannya siap dan lancar. Termasuk bagi penyelenggaraan Sholat Idul Adha ataupun pelaksanaan penyembelihan hewan qurban.

Demikian dikatakan Ketua DKM Subulussalaam didampingi Sekretaris Solikhin dan Bendahara DKM setempat Ading kepada fokuscirebon.com.

Lebih lanjut Naim menjelaskan, bahwa pihaknya dalam rapat semalam, (12/6/2021), di ruang utama masjid, bahwa pelaksanaan sholat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 H, sudah mempersiapkan semuanya dengan Khotib Drs. KH. Rokhidin, M.Ag, Ketua PD DMI Kota Cirebon dan Imam Ustadz Mohammad Affandi Azis (Qori Kota Cirebon).

Adapun penyembelihan hewan qurban sapi dan kambing dilaksanakan setelah pelaksanaan Sholat Idul Adha mulai jam 08.00 WIB.

Keterangan lainnya disampaikan Bendahara Ading, bahwa hingga saat ini jamaah yang berkurban baru 2 ekor sapi dari 2 kelompok dan kambing baru 2 ekor, sementara tahun kemarin (1441 H/2020 M), sapi 4 ekor dan kambing sebanyak 30 ekor. 

"Mudah-mudahan tahun ini jauh lebih baik dan banyak  orang yang berkurban, walaupun disadari saat ini masih dalam keadaan sulit ekonomi akibat masih dalam suasana dan situasi pandemi covid 19.

Sementara itu Sekretaris DKM Solikhin, menambahkan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut, Pengurus DKM Subulussalaam  akan melibatkan peran Remaja Masjid dan Ibu-Ibu Majelis Taklim, hal ini sebagai proses kaderisasi dan pengkaderan khususnya bagi Remaja Masjid Subulussalaam.

"Insya Allah, Surat Edaran berqurban akan segera diedarkan ke jamaah Masjid Subulussalaam dan warga RW 14 Permata Harjamukti Utara," jelasnya.

Solihin juga menambahkan, adapun besarnya tabungan qurban Sapi (TABQUR) sebesar Rp. 3.600.000 per orang, untuk per kelompok sebanyak 7 orang, sedangkan yang akan berkurban kambing sesuai dengan keikhlasan dan kemampuan masing masing jamaah dan warga. 

Kendati demikian, seluruh pelaksanaan tetap mematuhi protokol kesehatan covid 19. (didi)

Terkini