Kepala Dekopindo Kota Cirebon Apresiasi Kinerja Pengurus Koperasi Harapan Sejahtera IAIN Cirebon

Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Harapan Sejahtera IAIN Syekh Nurjati Cirebon, di Gedung Pascasarjana, IAIN SNJ Cirebon.


FOKUS CIREBON, FC - Pertumbuhan SHU Koperasi Harapan Sejahtera IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang tahun 2021 ini naik 33 persen mendapat apresiasi dari Kepala Dekopindo Kota Cirebon, Kamis, (27/1/2021).

Menurut Kepala Dekopindo, Yodi Rudiantono, SE, MM, kemajuan ini dilihat dari situasi dan kondisi daerah  yang masih dalam masa pandemi Covid 19, namun Koperasi Harapan Sejahtera IAIN Cirebon mampu tumbuh dan berkembang baik.

"Ini tentu sangat diapresiasi, mengingat Indonesia dan semua daerah di Indonesia masih dalam masa pandemi. Tetapi Koperasi Harapan Sejahtera IAIN Cirebon tumbuh dan berkembang baik," ujarnya.

Apresiasi ini juga diberikan, karena kinerja pengurus koperasi yang baik, di mana tahun 2021 ini, mampu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi dan ini menjadi indikator sehatnya sebuah koperasi.

Selain itu, lanjutnya, berdasarkan buku laporan yang ada, itu bisa dilihat dari SHU yang meningkat, fasilitas yang meningkat dan partisipasi anggotanya juga aktif dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan koperasi.

Dijelaskan juga bahwa dari 268 koperasi yang ada di Kota Cirebon, baru 21 koperasi yang sudah melaksanakan RAT dan RAT di Koperasi Harapan Sejahtera IAIN Syekh Nurjati Cirebon ini merupakan RAT yang ke 21.

Yodi juga mengatakan, kriteria koperasi bisa melaksanakan RAT, indikator umumnya adalah kinerja yang tumbuh berkesinambungan beberapa tahun ke belakang. Apalagi situasi dan kondisi pandemi seperti ini, koperasi terus tumbuh dan berkembang baik, maka ini menjadi indikator yang baik.

Terkait Pinjol dan Kreditur atau sejenisnya yang disinggung Rektor IAIN Cirebon pada sambutan sebelumnya, kata Yodi itu menjadi tantangan tersendiri bagi koperasinya dan bagaimana koperasi ini memiliki nilai tambah di mata anggotanya. 

"Koperasi itu harus mampu memberikan sesuatu yang dibutuhkan baik uang maupun kebutuhan lainnya dengan cepat, sehingga anggota tidak terjebak dengan keterdesakan kebutuhannya sehingga terjebak Pinjol dan lainny," tandasnya. (din)



Terkini