Untuk Tingkatkan Pelayanan, Damkar Kota Cirebon Butuh Kendaraan Operasional Baru Saat Terjadi Kebakaran

Kepala Dinas DAMKAR Kota Cirebon, Drs Adam Nuridin MM.

CIREBON, FC – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DAMKAR) Kota Cirebon merayakan Hari Jadi DAMKAR KE 103. Perayaan HUT ini dilaksanakan setiap tahunnya, tepatnya setiap tanggal 1 Maret. 

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Cirebon, Drs Adam Nuridin MM di sela-sela perayaan HUT Damkar Kota Cirebon Ke 103 berharap, ke depan ada peningkatan kesejahteraan bagi para anggotanya. 

Menurut Adam, bahwa informasi dari pusat akan ada rencana untuk diadakan P3K bagi para anggota (petugas) DAMKAR. Namun dengan jumlah yang cukup banyak, dimungkinkan ada sejumlah anggotanya yang akan tidak terekrut oleh P3K, karena disesuaikan dengan rasio kebutuhan. 

Sementara dari anggaran daerah, setelah ada P3K akan hilang, sehingga jika ada siswa anggota yang tidak masuk P3K akan menjadi petugas relawan. "Ini yang sedang kami pikirkan, karena dari daerah tidak ada anggaran, berarti mereka harus memilih, apakah mau menjadi petugas relawan yang tanpa gaji atau keluar dari keanggotaan petugas DAMKAR," kata Adam.

Kendati demikian, Adam berharap semua anggotanya dapat masuk di P3K. Namun semua yang menentukan adalah pusat. 

Adam juga menjelaskan, bahwa para petugas pemadam kebakaran pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Cirebon tidak hanya menangani kebakaran. Melainkan beberapa persoalan kedaruratan lainnya yang terjadi di masyarakat.

Untuk memenuhi pelayanan kepada masyarakat, kata Adam, pihaknya berencana akan membentuk pula petugas relawan dari masyarakat di tiap-tiap kelurahan atau kecamatan di Kota Cirebon.  

"Mereka akan kita berikan pelatihan, dan nantinya bisa membantu kami dalam mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Tetapi relawan ini sifatnya membantu, dan sifat relawan ini hanya akan mendapat stimula pada setiap kegiatan saja," jelasnya  

Selain itu, Damkar Kota Cirebon juga membutuhkan kendaraan baru untuk operasional dalam melayani masyarakat, terutama saat terjadi kebakaran. Sebab kendaraan yang ada sudah berumur tua dan sering rusak, sehingga perawatannya sangat mahal 

Sementara itu, atas kinerja yang baik yang dilakukan Dinas Damkar Kota Cirebin, Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati pun memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran di Dinas Damkar Kota Cirebon.

“Kinerja Dinas Damkar sudah sangat maksimal dan semoga terus dipertahankan, bahkan lebih baik lagi,” ungkap Eti saat menghadiri tasyakur peringatan HUT ke- 103 di kantor Dinas Damkar Kota Cirebon, Rabu (2/3/2022).

Wakil Wali Kota Apresiasi Kinerja Pemadam Kebakaran Kota Cirebon Wakil Wali Kota Apresiasi Kinerja Pemadam Kebakaran Kota Cirebon

Eti menambahkan, petugas Dinas Damkar selain menangani persoalan yang berkaitan kebakaran dan antisipasinya, juga melayani persoalan lain. Semisal, penanganan terhadap temuan satwa membahayakan di tengah masyarakat.

“Alhamdulillah kita patut berbangga kepada Dinas Damkar. Melayani tidak hanya persoalan-persoalan yang terkait kebakaran di tengah masyarakat,” kata dia.


Di sisi lain, Dinas Damkar Kota Cirebon juga tengah mengupayakan peningkatan status tenaga honorer para petugasnya menjadi Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Sedang inventarisasi untuk PPPK dan menunggu jawaban dari pemerintah pusat. Semoga bisa dimudahkan, agar menjadi motivasi bagi para petugas di Dinas Damkar,” tuturnya.

Wakil Wali Kota Apresiasi Kinerja Pemadam Kebakaran Kota Cirebon Wakil Wali Kota Apresiasi Kinerja Pemadam Kebakaran Kota Cirebon. (din)

Terkini