Wali Kota Cirebon Apresiasi Sikap GP Ansor dan Banser Yang Selalu Menjaga Sikap Baik Dalam Setiap Menyikapi Persoalan

Wali Kita Cirebon, Drs H Nashrudin Azis SH saat berada menemui massa dalam aksi damai menjaga toleransi, Selasa (2/3/2022).


CIREBON, FC – Kerukunan dan harmoni antarwarga di Cirebon tidak perlu diragukan lagi. Kendati kondisi sosial masyarakatnya beragam. Justru sikap toleransi antarwarga di Cirebon sejauh ini berjalan sangat baik.

Hal itu disampaikan Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, S.H., usai menemui aksi damai massa GP Ansor dan Banser yang berasal dari kota dan Kabupaten Cirebon, Selasa (1/3/2022), di depan Balai Kota Cirebon.

“Kami Pemerintah Daerah Kota Cirebon maupun saya secara pribadi merasa bersyukur dan bangga kepada Ansor dan Banser,” ungkap Azis, menanggapi aksi damai bertajuk Jaga Toleransi itu.

Menurut Azis, Ansor dan Banser dalam menghadapi setiap persoalan tidak mendahulukan emosinya. Hal ini dapat menjadi contoh yang baik dalam menyikapi suatu persoalan.

“Ini sungguh luar biasa. Ini yang perlu kita contoh. Bagaimana kita berorganisasi tanpa mendahulukan rasa emosinya dalam menghadapi suatu persoalan,” tuturnya.

Azis menambahkan, dalam menyikapi suatu persoalan perlu menggunakan akal yang sehat. Akal sehat akan berfungsi jika hatinya sejuk dan emosi yang terkendali.

“Banser dan Ansor telah menunjukkan kedewasaannya. Bisa tegas, tapi tetap mendahulukan logika di dalam bertindak. Buktinya, teman-teman Banser dan Ansor datang ke sini dengan wajah senyum. Walau di dalam dirinya terlihat kekuatan luar biasa,” terangnya.

Mengenai toleransi antarwarga di Cirebon, Azis mengatakan, sikap tersebut sudah ada dan terjaga sejak lama. Kendati masyarakat di Cirebon heterogen, memiliki keragaman, baik etnis maupun agama. 

“Cirebon ini sebuah daerah yang memiliki tingkat toleransi yang tinggi. Sikap toleransi warga di Cirebon sangat baik. Hidup rukun di tengah keberagaman. Hal ini harus dipertahankan bersama-sama,” katanya.

Azis menemui massa aksi damai dengan duduk lesehan di trotoar depan Balai Kota Cirebon. Ia membaur bersama massa aksi, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti pakai masker. (Heri)

Terkini