Fatimah Sumanta : Darma Wanita IAIN Cirebon Serentak Se-Indonesia Mengadakan Kegiatan Tes IVA dan Sadanis Program DPW Kemenag RI

FOKUS CIREBON, FC - Dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke 77, Darma Wanita IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengadakan kegiatan tes Infeksi Visual Asam Asetat atau IVA dan Sadanis. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang digelar secara serentak pada 10 Agustus di seluruh Indonesia.

"Ya, secara serentak kami melaksanakan tes IVA (Infeksi Visual Asam Asetat) dan sadanis. Acara ini digelar sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yg ke 77, dan kegiatan ini merupakan program dari DPW Kemenag Pusat," ungkap Fatimah Sumanta, Kamis, (11/8/2022).

Fatimah Sumanta menyatakan, kegiatan IVA dan Sadanis ini akan berlangsung selama tiga hari, yakni dari tanggal 10 sampai dengan 12 Agustus 2022. "Alhamdulilah sebanyak 36 anggota DWP kita sangat antusias," tuturnya.

Fatimah juga menjelaskan, bahwa tes IVA dan Sadanis ini merupakan cara sederhana untuk mendeteksi dini kangker leher rahim sedini mungkin. Sedangkan Sadanis menyangkut pemeriksaan payudara klinis dan pemeriksaanya oleh tenaga kesehatan yang terlatih. "Pada kegiatan kita menjalin kerjasama dengan Dinas Kesehatan," terangnya.

Penjelasan seputar IVA dan Sadanis ini, menurut Fatimah Sumanta, sesuai dengan apa disampaikan oleh Ibu Eny Yaqut dalam keterangannya beberapa waktu lalu, bahwa kanker servik dan payu darah menjadi penyakit utama penyebab kematian di lingkungan ibu ibu. Ini bukan dan tidak menakut nakuti, tetapi justru menumbuhkan kesadaran kita bahwa diri kita berharga.

Terkait ini, kata Fatimah, Eny Yaqut juga menegaskan, bahwa kanker payudara dan kangker leher rahim (servik) menjadi angka kangker tertinggi pada perempuan di Indonesia.

"Melihat kondisi ini, tentu mendorong DWP kemenag RI untuk menyelenggarakan kegiatan nasional, deteksi dini terhadap dua kanker tersebut, yakni melalui tes IVA dan sadanis. Dan DWP IAIN Syekh Nurjati Cirebon sebagai institut pendidikan di bawah kemenag RI, turut serta menyelenggarakan agenda program tersebut," tandas Ketua DPW IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Fatimah Sumanta, saat menutup perbincangannya dengan fokus cirebon. (din) 

Terkini