Tiga Guru Besar Resmi Dikukuhkan, Ini Pesan Dirjen Ali Ramdhani

Pengukuhan tiga Guru Besar oleh Dirjen Pendis Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof Dr H Ali Ramdhani.


FOKUS CIREBON, FC - Dirjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof Dr H Ali Ramdhani M.Ag, mengukuhkan secara resmi tiga profesor/Guru Besar di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Jum'at (12/8/2022), bertempat di lantai 3, auditorium, Pascasarjana.

Ketiganya adalah Prof Dr H Aan Jaelani M.Ag (Guru Besar dalam Bidang Ilmu Ekonomi Isam), kemudian Prof Dr Hj Septi Gumiandari M.Ag (Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pemikiran Islam), dan Prof Dr Anda Juanda, M.Pd (Guru Besar dalam Bidang Ilmu Kurikulum Pendidikan).

Dalam pengukuhan, Dirjen Ali Ramdhani menyatakan bahwa akan ada lompatan besar di tubuh IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan bertambahnya tiga profesor.

IAIN Syekh Nurjati Cirebon juga telah mampu membuktikan dan melahirkan intelektual-intelektual. Ketiga profesor yang hebat di pemikiran, tetapi diharap bukan saja pintar bermain di teoritikal, juga harus mampu diimplementasikan.

"Saya berharap saudara dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan tanggungjawab yang dibebankan. Semoga Allah SWT memberikan rahmat, hidayah dan inayahnya," pesan Ali Ramdhani usai mengukuhkan ketiga profesor.

Ali Ramdhani juga menyatakan, secara bersamaan, Diesnatalis IAIN Syekh Nurjati Cirebon Ke 57, bahwa IAIN Cirebon ini tidak sekedar mewujud menjadi menara gading yang indah, elok dan berwibawa, tetapi harus lebih mewujud sebagai mercusuar yang mampu menerangi dunia di saat kegelapan dan mampu memberikan arah bagi orang yang mencari peradaban.

Dan salah satu transformasi yang akan dilakukan di IAIN Cirebon adalah dengan transformasi menjadi Universitas Islam Siber pertama di Indonesia.

"Pada hari ini ada kabar bahagia kementerian agama menyiapkan beasiswa 2000 orang untuk mahasiswa PJJ, dan pendaftarnya sudah 7000, artinya Cirebon suatu saat nanti akan menjadi episentrum pusat pembangunan peradaban melalui pendidikan guru dengan model yang baru," terangnya.

Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta saat memberikan sambutan pada kegiatan pengukuhan tiga Guru Besar di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.


Sementara itu, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta M.Ag menyatakan, ada dua moment pada agenda hari ini, pertama pengukuhan Guru Besar dan kedua diesnatalis. 

Pengukuhan Guru Besar tentu saja ini merupakan suatu kebanggaan civitas akademika IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang penambahannya signifikan sekali, yakni 3 profesor dan yang kemarin juga sama 3 profesor.

Sedang diesnatalis ini merupakan refleksi sejarah yang mengingatkan kita pada para tokoh masa lalu, dan ini terimakasih kita kepada mereka dan kita punya misi untuk melanjutkan perjuangan, semangat untuk memajukan lembaga dan yang sudah kita toreh adalah dua agenda besar. 

Pertama transformasi tata kelola keuangan dan kita sudah melewati itu, dan kita sudah mendapat SK dari Kementerian Keuangan, dan yang kita tunggu adalah Kepres dari Presiden untuk perubahan dari institut menuju universitas. 

Sumanta juga menegaskan, bahwa dengan dikukuhkannya 3 profesor ini, manfaatnya memberikan pada sisi akreditasi, yakni ada dua pertama pengembangan dan yang kedua kualitas. "Jadi kuantitas dan kualitas itu berpengaruh terhadap lembaga," ujar Sumanta.

Sementara itu, pengukuhan tiga profesor dilakukan melalui Sidang Senat Terbuka Pengukuhan Guru Besar dan Diesnatalis Ke 57, dengan tema 'Memperkokoh Sumber Daya Manusia (SDM), Memperkokoh Kelembagaan untuk Indonesia Bangkit dan Lebih Maju'.


Hadir dalam kegiatan tersebut, Dirjen Pendis Kementerian Agama RI, Prof Dr H Ali Ramdhani M.Ag, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta M.Ag, para Wakil Rektor, Para Dekan Fakultas, Senat Institut, Direktur Pascasarjana, Bupati Cirebon dan sejumlah profesor di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, beserta tamu undangan dan para dosen. (Nurdin)




Terkini