Wagub Jabar : Tidak Ada Desa Tertinggal di Kabupaten Cirebon

KABUPATEN CIREBON - Sejauh ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyambut baik perkembangan di wilayah Kabupaten Cirebon. Menurut data yang dimiliki Pemprov Jabar, sudah tidak ada lagi Desa Tertinggal di Kabupaten Cirebon.

Hal tersebut dikatakan Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum usai membuka Gebyar Desa dalam rangka "Barikan Akbar Gegesik" di Alun-alun Kecamatan Gegesik, Sabtu (20/8/2022).

Dijelaskan Wagub, semua perkembangan dan juga kemajuan suatu daerah ditentukan oleh pemimpin daerah itu sendiri. Disamping itu, kerja sama antara pemerintah dan juga masyarakat menjadi kunci keberhasilan pelaksanaan program.

"Berarti (kemajuan daerah) ini berkat kemajuan pimpinan daerah dan juga seluruh masyarakat. Kalau Cirebon maju, Jabar ikut maju karena Cirebon ini bagian dari Jawa Barat," ujarnya.

Dijelaskan Wagub, sudah seharusnya kepala daerah tingkat kabupaten dan kota membuat program yang sejalan dengan pemerintah diatasnya. Alasannya, Wagub menyebut adanya keselarasan tersebut mempermudah pencapaian kesejahteraan masyarakat.

"Misalkan Pemprov memiliki kekuatan anggaran 30persen dan kabupaten/kota punya 70persen, maka kolaborasi akan berjalan dengan baik. Contohnya sekarang untuk program Desa Tertinggal, berkat kolaborasi Pemprov Jabar dan Pemkab Cirebon yang nyambung akhirnya hilanglah Desa Tertinggal," tambahnya.

Mengenai pagelaran budaya di Gegesik, Wagub juga sangat mengapresiasi. Menurutnya, di wilayah Jawa Barat khususnya Gegesik ini sangat banyak kesenian yang perlu dilestarikan.

"Kita harapkan pelestarian budaya ini bukan hanya sekadar jadi hiburan yang dinikmati, tetapi yang jauh lebih penting adalah kesenian dan budaya asli ini bisa dijadikan pilar untuk mencegah budaya asing yang tidak sesuai dengan adat kita," ungkapnya.

Disinggung bantuan untuk wilayah Kabupaten Cirebon khususnya Gegesik ini, Wagub menegaskan dirinya akan segera memberikan laporan kepada Gubernur. Namun, dirinya juga sudah membuat catatan, yang nantinya bisa ditindaklanjuti oleh dinas terkait di Pemprov Jabar.

"Untuk Dinas Pendidikan ini nanti akan kita minta agar di wilayah Gegesik ada muatan lokal (mulok) kesenian. Dinas Pertanian nanti akan membuat irigasi desa, Dinas Pariwisata untuk eksistensi kesenian dan juga BJB agar bisa memberikan bantuan bagi UMKM disini melalui Kredit Mesra," tutupnya.

Sementara itu, Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg mengatakan di wilayah Gegesik ini banyak sekali potensi kesenian yang bisa digali untuk pariwisata. Oleh karena itu, dirinya berharap pagelaran maupun tampilan kesenian bisa terus dilaksanakan secara berkala.

"Selain melestarikan budaya, kita juga ingin agar kesenian dan budaya, khususnya di Gegesik ini bisa diketahui oleh masyarakat luas," singkatnya.

Di samping itu, Imron juga mengakui masih butuh bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk beberapa sektor pembangunan. Terutama untuk kemajuan desa, dirinya berharap adanya sokongan dari Pemprov.

"Kita tentunya akan terus melakukan komunikasi dengan Pemprov dan juga melalui anggota DPRD Provinsi dari dapil kita. Semoga bantuan itu bisa kita peroleh dan untuk tahun 2023 kita belum mengetahui dapat berapa," ungkapnya. (din)

Terkini