Jadi Tuan Rumah ICON UCE 2022, Dirjen Pendis Apresiasi IAIN Cirebon

Dirjen Pendis Kemenag RI, Prof Dr H Ali Ramdhani bersama Bupati Cirebon, Wakil Walikota Cirebon, Danrem 063 SGJ, Dandim Perwakilan Pemkab Indramayu, Pemkab Kuningan, Pemkab Majalengka, Kapolresta Cirebon dan Kapolresta Cirebon Kota pada acara pembukaan ICON UCE Ke 4 tahun 2022 di kampus IAIN Cirebon.


FOKUS CIREBON, FC  - IAIN Syekh Nurjati Cirebon menjadi tempat International Conference on University Community Engagement (ICON UCE) ke 4 tahun 2022, Senin (24/10). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dirjen Pendis, Kemenag RI, Prof Dr H Ali Ramdhani.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Cirebon, Drs H Imron M.Ag, Wakil Walikota Cirebon, Dra Hj Eti Herawati, Kapolresta Cirebon, Kapolres Cirebon, Dandim, para Rektor PTKI dan PTKIN se-indonesia, Kejaksaan Negeri, dosen dan mahasiswa.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pendis Kemenag RI, Prof Dr H Ali Ramdhani dalam sambutannya mengatakan, saat ini masih terdapat jarak lebar antara keilmuan yang dikembangkan di Perguruan Tinggi khususnya PTKI dengan realitas yang terjadi di masyarakat. 

Ali menyinggung, disparitas yang terjadi disebabkan belum optimalnya integerasi Tri Dharma Perguruan Tinggi antara pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Hal itulah yang mendorong diluncurkannya buku Metodologi Pengabdian Masyarakat yang bakal jadi pedoman seluruh PTKI. 

Ali menginginkan, PTKI jangan hanya menjadi kampus unggul hanya bagi masyarakat kampus. Juga punya kepedulian besar untuk merancang tumbuh dan bangkitnya peradaban. Sebab itulah, implementasi pengabdian kepada masyarakat harus terintegerasi dengan beragam disiplin ilmu yang dikembangkan perguruan tinggi. 

"Perguruan tinggi adalah episentrum peradaban. Kehadirannya, kalau dalam bentuk gedung, tidak boleh hanya jadi menara gading yang hanya elok dipandang. Tapi harus jadi mercusuar yang juga berfungsi menyinari peradaban," kata Ali.

Ali menganalogikan, Islam mempersepsi manusia terbaik ialah yang bermanfaat bagi sesamanya. Begitupun perguruan tinggi. Kemuliaan dan keunggulan perguruan tinggi juga terletak pada kepeduliannya pada masyarakat melalui pengabdian yang terintegerasi dengan pendidikan dan penelitian.

"Maka dari itu, universitas terbaik adalah universitas yang mengkontribusikan manfaat kehadirannya ke masyarakat lebih luas. Maka tiga kekuatan perguruan tinggi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tidak boleh dipisah," ujarnya.

Ali juga menyatakan bahwa pada event ini diluncurkan pula buku Metodologi Pengabdian Masyarakat versi Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Sementara itu, Rektor IAIN Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg menyahuti dinamika PTKI saat ini. Menurutnya, kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi harus terus ditingkatkan. Terobosan demi terobosan harus terus digalakan. 

"Sejak tahun 2006 ketika masih berstatus STAIN, IAIN Cirebon telah melakukan terobosan pendekatan terbaru dalam hal pengabdian kepada masyarakat, dan terobosan-terobosan lainnya terus dilakukan hingga tahun 2022 dengan program Magrib Mengaji dan KKN GM," ujar Sumanta. 

Terobosan pengabdian yang dilakukan, lanjut Sumanta, salah satunya melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa. Pendekatan KKN yang pernah dilakukan IAIN Cirebon bermacam bentuk sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 

Antara lain KKN dengan pendekatan Partipatory Action Research (PAR), Tematik Berbasis Masjid, KKN DR (Dari Rumah), KKN Gerakan Magrib Mengaji,  KKN Gerakan Masyarakat Mengaji dan  KKN Kolaborasi Nusantara Moderasi Beragama di Papua (2022). 

Beragam pendekatan itu dilakukan agar pengabdian kepada masyarakat dapat berdampak signifikan. Di samping itu, juga terdapat model pengabdian yang dilakukan oleh dosen, program studi, fakultas, program studi, serta lembaga dan unit di lingkungan IAIN Cirebon. 

"Pentingnya pengabdian kepada masyarkat bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabdian itu seharusnya berbasis penalaran dan karya penelitian sehingga memberi manfaat pada kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa," ucap Sumanta.

Berkaitan dengan itu, digelarnya ICON UCE 2022 di IAIN Cirebon diharapkan memberi dampak bagi optimalisasi pengabdian bagi seluruh civitas akademika IAIN Cirebon.

"Dipilihnya IAIN Cirebon dalam perhelatan ICON UCE 2022 menjadi kebanggaan bagi IAIN Syekh Nurjati Cirebon melihat kualitas yang dimiliki terutama dalam pengabdian kepada masyarakat," tambahnya.

IAIN Cirebon menjadi PTKIN bertaraf institut pertama sebagai tuan rumah ICON UCE. Sebelumnya, ICON UCE digelar di PTKIN bertaraf universitas yakni UIN Alaudin Makasar, UIN Sunan Ampel Surabaya dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. 

"IAIN Cirebon menjadi tuan rumah keempat sekaligus menjadi IAIN pertama diberi mandat oleh Kementerian Agama," tandasnya. (din)

Terkini