Wouw Keren ! Media Gathring UM-PTKIN 2023 Digelar di Jogyakarta

Humas PTKIN, IAIN Syekh Nurjati Cirebon saat mengikuti kegiatan Media Gathering di Jogyakarta.


FOKUS CIREBON, FC - Sejak 7 Mei 2023 hingga 15 Mei 2023 Humas PTKIN Cirebon dalam hal ini IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengikuti kegiatan Media Gathering Humas PTKIN di Jogyakarta.

Pada kegiatan tersebut, tepatnya 7 Mei 2023, Pukul 17.30 WIB, update pendaftaran UMPTKIN, yakni pendaftar yang sudah membayar sebanyak 40006 (nasional), peserta final (bayar dan valid) sebanyak 34373. Selain itu, berdasarkan progres pendaftar UMPTKIN, juga  digambarkan dan dapat terlihat melalui grafik pendaftar setiap harinya.

Kemudian klasemen pendaftaran UMPTKIN 20 terbawah, juga dibahas pada kegiatan media gathering ini. Termasuk progres pendaftaran UMPTKIN H 8, yakni pada tahun 2022 sebanyak 55.498 dan pada tahun 2023 sebanyak 34.373. 

Pada kegiatan media gathering juga dibahas mengenai fungsi sosialisasi dan promosi UM-PTKIN, dimulai dari penyebaran informasi, persuatif dan reminding. 

Mengenai fungsi sosialisasi dan promosi UM-PTKIN ini, menurut Humas IAIN Syekh Nurjati Cirebon, HM Arifin M.PdI, tertuang penjelasan yang terperinci. Seperti penyebaran informasi, pada aspek ini bagaimana kita menyebarluaskan  informasi tentang UM-PTKIN melalui Pers Conference, Pers Realese, Bilboard, Minitron, Spanduk, Posting Media Sosial, dan QnA Instagram.

Sedangkan aspek Persuatif yakni membujuk dan mengajak calon peserta untuk mendaftar dan aspek Reminding yakni mengingatkan jadwal peserta, agenda dan ketentuan UM-PTKIN melalui media sosial, WA  blast. Dalam hal ini, juga diberikan contoh dan promosi UM-PTKIN.

Mengenai sosialisasi dan promosi UM-PTKIN oleh Humas PTKIN, kata Arifin, itu terdapat tiga startegi, yakni strategi optimalisasi media sosial, melakukan pendekatan kepada end user, dan monitoring engagement.

Arifin menjelaskan, startegi optimalisasi media sosial tersebut, dilakukan melalui kegiatan berupa pendataan media sosial PTKIN : FB, IG, Twitter, Tiktok, Posting konten seragam, dan posting konten keunggulan PTKIN.

Sedangkan strategi melakukan pendekatan kepada end user, kegiatannya berupa Pekan Sosialisasi pada Zoom, sosialisasi untuk orang tua dan live IG. Dan strategi monitoring engagement dilakukan melalui kegiatan memantau respon hasil posting, kemudian promosi/publikasi sesuai prodi dan respon pangsa pasar. (din)

Terkini