Ribuan Warga Cangkol dan Mahasiswa IAIN Cirebon Meriahkan Peringatan 1 Muharam

 

CIREBON, FC - Tahun baru Hijriyah adalah momentum untuk hijrah, dari hal buruk menjadi hal baik. Sekitar ribuan warga di Desa Cangkol Kecamatan Lemahwungkuk, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat memperingati tahun baru Islam dengan menggelar pawai obor keliling, pada Selasa malam (18/07/23).

Kemeriahan dalam peringatan 1 Muharram 1445 Hijriyah ini tak hanya diikuti oleh kalangan anak-anak, tetapi juga dari kalangan remaja-remaja dan dewasa.

Menurut Sobirin, warga Cangkol Tengah, bahwa pawai obor ini bisa dibilang baru pertama kali karena sebelumnya terjadi  Pandemi, sehingga dari 4 kali mahasiswa KKN di sini baru ini diselenggarakan pawai obor tersebut.

"Kegiatan pawai obor ini melibatkan sejumlah mahasiswa KKN dari IAIN Syekh Nurjati Cirebon," terangnya kepada media.

Demikian juga menurut Ketua DIM Bahrul Fakah, Wahab, bahwa pawai obor ini bisa berjalan sukses juga karena ada peran mahasiswa KKN yang ikut mengawal dan menjaga agar pawai tetap kondusif.

Adapun rute keliling, kata Wahab, dimulai dari Madrasah Bahrul Ilmi Cangkol, menuju kelurahan Lemahwungkuk melewati gang Deli Raya, jalan Ariodinoto, jalan Merdeka, jalan Pengampon, tiba di jalan Lemahwungkuk, dan kembali lagi ke jalan Ariodonoto, masuk ke gang Deli Raya, dan sampailah ke Madrasah Bahrul Ilmi Cangkol.

Semaraknya pawai obor ini, karena melibatkan banyak orang dan unsur masyarakat dan pendidikan. Seperti dari  madrasah, unsur masyarakat juga para mahasiswa. 

Kemudian kemeriahan juga oleh Grup Marching Band Mertapada dari salah satu MI di sana, sehingga tak hanya cahaya-cahaya api dari obor, lampion-lampion yang berkilauan, saja. Tetapi juga ada musik riang gembira yang amat epik dibawakan.

"Beginilah kolaborasi nyata yang ada di masyarakat, sudah seharusnya kemeriahan memperingati tahun baru Islam itu semeriah malam ini" ujar Omar Qad Panity CEO Kolaborator Kebaikan ID yang juga ikut terlibat pada kegiatan tersebut.B

Sementara itu, Bara Abdul Aziz, mahasiswa KKN Gemar Mengaji di Desa Cangkol menyatakan, bahwa acara ini sangat meriah, Antusiasme warga menggelora, dan uniknya substansi pawai diiringi oleh hadroh, sholawat, serta tim marching band yang membuat acara semakian luar biasa.

"Semoga ini bukan menjadi pawai obor yang terakhir kali dan bisa dijadikan acuan untuk tahun-tahun mendatang. (Red/Aldi)

Terkini