Mahasiswa KKN IAIN Cirebon Bangga, Sindangheula Menjadi Penghasil Kopi Robusta

FOKUS CIREBON, FC - Sindangheula adalah desa yang terletak di Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Sindangheula memiliki topograpi bukit dan kawasannya berbatasan langsung dengan hutan. 

“Selain memiliki pemandangan alam yang indah dengan pesona curug tonjong yang sangat menarik untuk dikunjungi, sindangheula juga termasuk penghasil kopi Robusta yang sejak dulu menjadi keunggulan Desa Sindangheula,” kata Izzul Munna, Mahasiswa KKN di sana. 

Izzul Munna mengatakan, salah satu produk kopi robusta Sindangheula adalah kopi B’heula dan Kopi Karuhun yang terletak di Dusun Sindangsari. 

Menurut Izzul, sangat disayangkan jika desa yang memiliki potensi  bagus tapi tidak dikembangkan.  

“Masyarakat  masih semangat menjaga dan melestarikan kekayaan alam sekaligus melanjutkan warisan nenek moyang,” ungkapnya.

Demikian juga menurut Riki, pengelola kopi karuhun, awalnya roasting kopi ini hanya menggunakan wajan dan proses roastingnya sekitar 2 jam lebih. 

“Seiring waktu berjalan alat untuk roasting kopi ini beralih menggunakan roasting manual yang memakan waktu lebih sedikit. Kini,alat untuk roasting kopi ini sudah menggunakan mesin roaster yang lebih canggih,” ujarnya.

Sebagai pengusaha kopi lokal, Riki tentunya memiliki berbagai masalah yang ada, seperti sertifikasi halal yang belum terbuat sehingga jangkauan pemasarannya belum luas dan terbatas.

“Harapannya, pemerintah bisa membantu terkait dengan perizinan sertifikasi halal agar mempermudah pemasaran dan tentunya kopi lokal sindangheula ini semakin banyak peminatnya,” terangnya.

Sementara itu, Daddy Suparman selaku Kepala Desa Sindangheula sangat mengapresiasi warganya untuk terus meningkatkan mutu dan kualitas kopi robusta Sindangheula sehingga bisa membantu ekonomi warga. (din)

Terkini