Simaan Al-Quran bersama HMJ IQTAF Upaya menanamkan Kecintaan Terhadap Al-Qur'an

FOKUS CIREBON, FC - HMJ IQTAF melalui divisinya  Minat, Bakat dan Tahfidz yang seringkali disingkat MBT mengadakan simaan Al-Qur'an yang dilangsungkan setiap akhir bulan. Kegiatan ini merupakan program agenda kerja divisi MBTdan menjadi ikon dalam.jirusan Ilmi.Al.Qura. dan Tafsir.

Acara simaan Al-Qur'an ini dihadiri oleh puluhan mahasiswa Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir bertempat di Masjid Jami' IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada hari minggu tanggal 31 Maret 2024.

Kegiatan ini sudah rutin dilangsungkan sejak beberapa periode yang lalu, selain menjadi ikon utama pada Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, simaan ini pun bertujuan menjadi sebuah langkah nyata dalam menetapkan dan menanamkan kecintaan terhadap Al-Qur'an. Terlebih mahasiswa Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir yang mayoritas seorang penghafal Al-Qur'an, baik laki-laki maupun perempuan. 

Dalam upaya menetapkan dan menanamkan kecintaan terhadap Al-Qur'an, ketua umum Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, Tum Isyfa Ashifatul Latifah memaparkan bahwa Al-Qur'an itu lebih cepat hilangnya daripada seekor unta dari tali ikatannya. Yang dimaksud disini ialah hafalan ayat-ayat Al-Qur'an, maka dari itu beliau pun berpesan agar kita semua senantiasa menjaga selalu hafalan dan menanamkan kecintaan pada Al-Qur'an serta mengamalkanya dalam kehidupan sehari-hari. 

Tak lupa dalam acara simaan kali ini, ketua divisi Minat, bakat dan Tahfidz pun menambahkan agar agenda seperti ini selalu menjadi rutinan bagi kita semua, terkhusus kepada mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir. Serta menyiapkan peserta simaan jauh-jauh hari sebelum hari H acara simaan untuk agenda selanjutnya. 

Untuk itu salah satu anggota divisi Minat, bakat dan Tahfidz dan juga sekaligus peserta simaan Al-Qur'an ini turut memberikan kesan dan pesan atas agenda yang telah terlaksana pada akhir pekan bulan Maret. Dalam penjelasannya, dia memaparkan bahwa agenda ini ialah agenda yang begitu sangat positif. Selain diadakan pada akhir bulan, agenda ini pun terlaksana bertepatan pada bulan Ramadhan. Dia berharap banyak agar agenda simaan ini bisa berjalan rutin seperti yang telah dijadwalkan sebelumnya. (Naela)

Terkini