FITK IAIN Cirebon Mengirim 5 Mahasiswa ke Program PLP-KKN Integrasi Internasional di Malaysia


CIREBON, FC – Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) mengirimkan lima mahasiswa dari jurusan yang akan re akreditasi unggul ke dalam program Pengenalan Lapangan Persekolahan – Kuliah Kerja Nyata (PLP-KKN) Integrasi Internasional. 

Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas wawasan global serta memberikan kontribusi positif kepada masyarakat di tingkat internasional.

Dalam upaya penguatan pengabdian masyarakat dan pengalaman internasional bagi mahasiswa, FITK telah memilih peserta dari berbagai jurusan yang dianggap memiliki potensi unggul. 

Kelima mahasiswa tersebut adalah Aulia Khoirunnisa (Tadris Bahasa Inggris), Rizqi Adella (Tadris Matematika), Dede Sarah (MPI), Egina Bumiarti (Tadris Biologi), dan Lisnawati (PGMI).

Pelepasan peserta PLP-KKN Integrasi Internasional dilakukan secara langsung oleh Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, menekankan pentingnya program ini sebagai langkah strategis dalam mempercepat Internasionalisasi Kampus dan Implementasi MBKM. Senin,(13/05/2024).

Dr. H. Saifuddin, M.Ag, Dekan FITK, dalam sambutannya menyatakan bahwa program ini memberikan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan akademis, membentuk karakter, serta kepemimpinan dalam lingkungan global.

“Periode Kedua akan menyusul 15 mahasiswa untuk lokasi Kuala lumpur dan Jeddah Arab Saudi.” Dr Saifuddin menambahkan.

Kepala Program PLP-KKN Integrasi Internasional sekaligus Wakil Dekan I FITK, Dr. Atikah Syamsi, M.Pd.I, menjelaskan bahwa program ini tidak hanya memberikan pengalaman akademis, tetapi juga membantu mahasiswa untuk memahami beragam budaya dan bahasa sesuai dengan destinasi mereka.

Para peserta program juga akan mendapatkan pendampingan dan supervisi dari dosen-dosen berpengalaman selama menjalani PLP-KKN Integrasi Internasional di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) Malaysia. 

Program ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi fakultas-fakultas lain di IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk mengembangkan inovasi dalam pembelajaran mahasiswa.

Prof Dr H Aan Jaelani, M.Ag., Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, berpesan agar peserta melaksanakan kegiatan dengan semangat dan inovasi, serta mempublikasikan pengalaman mereka ke media sosial untuk memberikan citra positif bagi lembaga yang sedang bertransformasi dari IAIN Syekh Nurjati Cirebon menuju Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon.

Dengan diselenggarakannya program ini, diharapkan mahasiswa FITK semakin tertarik dan memahami manfaat serta peluang yang ditawarkan oleh PLP-KKN Integrasi Internasional, sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan akademis dan masyarakat di berbagai belahan dunia. (din)

Terkini