Mahasiswa BKI Lakukan Observasi Lewat PPL di Rutan Kelas I Cirebon

CIREBON, FC - Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Siber Syekh Nurjati Cirebon, melaksanakan kegiatan observasi terkait dengan mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Rumah Tahanan (RUTAN) Kelas I Cirebon. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin dan Kamis, 27 dan 30 Mei 2024.

Dr. Jaja Suteja, M.Pd.I., Ketua Jurusan Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon, mengungkapkan bahwa kegiatan observasi PPL ini bertujuan untuk mendampingi warga binaan dalam mengatasi masalah psikologis, terutama mereka yang sedang menjalani proses persidangan di pengadilan. 

“Kegiatan observasi PPL mahasiswa BKI di Rumah Tahanan Kelas I Cirebon bertujuan untuk mendampingi warga binaan dalam mengatasi masalah psikologis, terutama yang sedang menjalani proses persidangan di pengadilan,” ujar Dr. Jaja.

Selain itu, mahasiswa yang terjun dalam observasi PPL di Rutan juga memberikan layanan bimbingan pribadi, sosial, dan keagamaan kepada warga binaan. “Selama observasi PPL, mahasiswa didampingi oleh Pembimbing Kemasyarakatan Rutan Kelas I Cirebon,” Dr. Jaja menambahkan.

Lailatus Saidah, perwakilan dari salah satu peserta PPL, menceritakan bahwa kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa semester 6 jurusan BKI secara berkelompok. Untuk kelompok BKI 6 F terdiri dari Lailatus Saidah, Putty Hati Imany, Lu’lu’il Makhbuba, Dinar Siti Azzahra, Muhamad Nurhasan, dan Liyan Chanuna. 

“Sasaran warga binaan yang didampingi adalah warga binaan anak dan dewasa,” ungkap Lailatus Saidah.

Fuad Hasan, S.H., M.H., selaku Kasubsi BHPT Rutan Kelas I Cirebon, menyatakan bahwa kegiatan observasi PPL ini juga bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa menjadi pendamping kemasyarakatan dan konselor sosial di Rutan Kelas I Cirebon. 

“Harapan dari kegiatan ini, mahasiswa mendapatkan informasi dan wawasan terkait program kegiatan yang dilaksanakan di Rutan Kelas I Cirebon dan juga menambah pengalaman di bidang bimbingan dan pendampingan terhadap warga binaan kemasyarakatan,” ujar Fuad Hasan.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan bekal praktis dan wawasan luas bagi mahasiswa BKI, sehingga mereka siap berperan sebagai pendamping dan konselor yang kompeten di masa depan. Observasi PPL di Rutan Kelas I Cirebon ini merupakan langkah nyata dari UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon dalam mengembangkan keterampilan praktis mahasiswanya, sekaligus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, khususnya warga binaan di Rutan. (din)

Terkini