Anggota DPR RI Komisi VIII, Tertarik Dengan Renstra Pengembangan IAIN Cirebon 2020-2024


FOKUS CIREBON - Selly Andriany Gantina, Anggota DPR RI  Komisi VIII tertarik dengan penjelasan Rektor IAIN SNJ Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim M.Ag dan Toheri, Tim Renstra, saat menjelaskan seputar Renstra IAIN SNJ Cirebon 2020-2024, di Ruang Senat, Lantai II Rektorat IAIN SNJ Cirebon, Jum'at (27/12/2019).

Soal renstra 2020-2024 ini, kata Sumanta, merupakan upayanya dalam membangun kemajuan kampus di segala aspek. Dan ini dalam rangka menuju IAIN ke Universitas Islam Negeri (UIN).

Dijelaskan Sumanta, mengapa IAIN Cirebon bersikeras untuk merubah ke UIN, pertama, karena terinpirasi oleh historis, dan di Cirebon ada sejarah Waliyullah yakni Syekh Nurjati yang akan melahirkan sosok murid-murid yang mencerdaskan dan menyebarkan Islam di tanah jawa, Indonesia hingga Asia. 

"Yang pertama ini menjadi aspirasi kita, dimana Cirebon adalah kota pusat peradaban islam. Sehingga ini diperlukan kesadaran sejarah," katanya.

Yang kedua, lanjut Sumanta, adalah memperluas akses pendidikan yang harus dinikmati oleh masyarakat. Lembaga pendidikan negeri adalah pendidikan yang bisa menyahuti kelompok menengah ke bawah. 

"Nah untuk IAIN Cirebon, beasiswa kita itu 7,2 miliar. Itu ada dari Indocement, Pemprov DKI, Pemprov Jabar, Baznas, BI dan lain lain," kata Sumanta lagi.

Sedangkan alasan ketiga, mengapa harus menjadi UIN, adalah karena semangat yang sama yakni semangat yang besar. Dan dalam perjalanannya semua dilakukan secara kompak untuk menuju ke universitas yang dicita-citakan.


Terkait UIN ini, Rektor IAIN Cirebon juga menyentil soal keseriusan Anggota DPR RI Komisi VIII tersebut. Rektor meminta Ibu Selly bukan lagi memperjuangkan tanah yang 10 hektar, tetapi karena sudah di DPR RI bisa 50 hektar dengan melobi kepala-kepala daerah di wilayah III Cirebon.

"IAIN dengan Bu Selly itu sudah sehati, dan ingin terus memajukan pendidikan Islam di Cirebon. Dua keinginan tersebut ingin terus mendorong Pendidikan agama islam harus maju di cirebon dan menjadi destinasi bukan saja di lokal tapi juga nasional bahkan internasional," jelasnya.

Sementara itu, secara singkat Toheri, TIM Renstra Pengembangan IAIN SNJ Cirebon menjelaskan seputar IAIN Menuju Teaching And Research University yakni melalui 7 agenda pembangunan 2020-2024. 

Dalam penjelasan tersebut, Ibu Selly rupanya tertarik dengan Renstra IAIN Cirebon. Sehingga dirinya berjanji akan segera membawa informasi dan masukan tersebut ke DPR RI dan Kemendikti, di Jakarta. (din)

Terkini