Rayakan Idul Adha, FUAD IAIN SNJ Cirebon Berbagi Daging Hewan Qurban



FOKUS CIREBON - Sambut Idul Adha, Fakultas Ushuludin, Adab dan Dakwah (FUAD), IAIN Syekh Nurjati Cirebon berbagi daging hewan qurban bersama para pendidikan dan kependiidkan FUAD, serta warga sekitar kampus, Senin (3/8/2020).

Dr H Anwar Sanusi MAg, Wakil Dekan III didampingi Ketua Panitia Drs Anisul Fuad MSi dan Penasehat H Muzaki mengatakan, FUAD IAIN SNJ Cirebon pada Idul Adha tahun ini memotong 1 ekor sapi. Hewan qurban ini merupakan tahun ke empat, dengan sistem arisan. 

"Ya, hewan qurban ini hasil dari 21 orang di internal Fakultas Ushuludin, Adab dan Dakwah (FUAD) dengan sistem arisan di mana satu orang dikenakan Rp 1.250.000 dan daging qurban tersebut kita bagikan kepada yang berhak," jelasnya.

Dijelaskan, ada sekitar 150 kantong daging qurban yang dibagikan kepada warga sekitar kampus. Sisanya dibagikan untuk para Satpam, Anak Yatim Piatu dan lainnya.

"Ini sebagai bentuk pengabdian dan kepedulian kepada masyarakat di lingkungan kampus dan juga sebagai bentuk amal sholeh," jelas Anwar.

Sementara itu, Dekan FUAD IAIN SNJ Cirebon, Dr H Hajam MAg menjelaskan, bahwa qurban ini harus dimaknai sebagai bentuk rasa syukur. 

Selain itu, untuk memupuk rasa persaudaraan dan saling mengasihi antar sesama. "Inilah bentuk pengabdian yang selalu kita tanamkan dan kita jalankan," kata Hajam.

Demikian juga pada qurban tahun ini, seperti tahun-tahun sebelumnya, qurban tersebut bukan melihat jumlah dagingnya tetapi sebagai sarana untuk meningkan kekeluargaan di lingkungan FUAD. 


"Kalau dagingnya mah gak seberapa ya, tapi kita ingin meningkatkan kekompakan di Cvitas Akademika di Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah. Untuk meningkatkan kinerja juga, karena kita mempunyai rasa persaudaraan dan rasa tanggung jawab bersama," tandad Hajam. (din)

Terkini