IAIN Syekh Nurjati Cirebon Menjadi PTKIN Pertama Cyber Islamic University di Indonesia

Warek II, Dr Hj Kartimi M.Pd dan Kabiro AUAK, Drs H Subarja M.Pd

FOKUS CIREBON, FC - Kabar gembira datang dari IAIN Syekh Nurjati Cirebon, di mana kampus ini menjadi PTKIN pertama Cyber Islamic University (CIU) di Indonesia.

Hal itu disampaikan langsung oleh Dr Hj Kartimi M.Pd Warek II IAIN SNJ Cirebon, usai menghadiri rapat koordinasi unsur pimpinan, yang dihadiri Warek I, Kabiro AUAK, Kabag Umum, serta jajaran Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) juga Pranata Humas IAIN Cirebon dan lainnya, Rabu (10/2/2021).

Dr Hj Kartimi M.Pd menjelaskan, rapat koordinasi pimpinan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan Zoom Meeting bersama Dirjen Pendis Kemenag RI dan World Bank (WB) terkait kepercayaan Kementerian Agama RI menunjuk IAIN Cirebon sebagai Cyber Islamic University (CIU).

Menurut Kartimi, IAIN sebagai Leading sektor, pengelolaan CIU nanti di bawah PTIPD IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dan saat ini segala persiapan akan dilakukan, termasuk studi banding kepada Perguruan Tinggi Negeri (PTN), mengingat IAIN Cirebon menjadi PTKIN pertama menjadi kampus Cyber Islamic Unibersity di Indonesia.

"Blokgrand World Bank ini merupakan hasil kerjasama Kementerian Agama RI. Saat itu, Pak Menteri melalui Dirjen Pendis, Dr H M.Ali Ramdhani langsung menghubungi Pak Rektor IAIN Cirebon dan menunjuk IAIN Cirebon sebagai Cyber Islamic University dan selanjutnya meminta melakukan pembahasan melalui Zoom Meeting, setelah itu hari ini kita langsung melakukan rapat koordinasi, dan hasilnya tiga point," kata Kartimi.

Tiga point hasil rapat itu, jelasnya, pertama harus siap melangkah, kedua membuat deskmark, karena di Indonesia belum PTKIN yang menjadi CIU sehingga IAIN perlu untuk melakukan studi banding ke  perguruan tinggi yakni Sultan Agung yang sudah menjadi kampus CIU.

Lalu yang ketiga, lanjutnya, kita akan segera membuat tim teknis sebagai persiapan pelaksanaan CIU ini dan April 2021 adalah penyerahan proposal.

"Ya, Cyber Islamic University atau CIU ini nanti di bawah PTIPD dan akan dikelola secara profeaional oleh tim-tim ahli IT dan nanti bermanfaat bagi akademik berbasis IT serta dapat mengcounter hoax yang mengganggu stabilitas nasional," paparnya.


Sementara itu, Pranata Humas IAIN Syekh Nurjati Cirebon, H.M.Arifin M.Pd.I kepada media menyatakan  rasa bangganya atas kepercayaan tersebut. Mengingat UIN Cirebon akan menjadi kampus berbasis IT.

"Secara intens, semua sudah saling berkoordinasi dan sudah langsung bekerja, dan dengan Cyber Islamic University ini, akademik ke depan berbasis IT," pungkasnya.  (Nurudin)

Terkini