H Elang Tomy Iplaludin S.Pd MM, Ciptakan SMPN 4 Sekolah Berbasis Lingkungan dan Berkarakter

H Elang Tomy Iplaludin S.Pd, MM, Kepala Sekolah SMPN 4 Kota Cirebon yang penuh gagasan dan kreativitas dalammembangun dan memajukan  pendidikan. 


FOKUS CIREBON - H Elang Tomy Iplaludin S.Pd, MM, Kepala Sekolah SMPN 4 Kota Cirebon, punya kebiasaan berbeda degan kebanyakan sekolah lain. Dirinya selalu mencontohkan kepada para guru dan siswanya untuk selalu mengedepankan kedisiplinan dan mencintai lingkungan. 

Tak hanya itu, Elang Tomy juga meluncurkan program unggulan SMPN 4, yakni ingin membawa SMPN 4 ikut berkompetisi di ajang sekolah Adiwiyata di tahun 2022, baik tingkat kota, provinsi, hingga nasional.

Untuk itu, dirinya selalu akan mencontohkan kepada siswa dan gurunya bagaimana menjaga dan mencitai lingkungan dan trampil dalam segala hal.  

Sikap yang ditunjukkan Elang Tomy ini sebagai bentuk tanggungjawab dirinya sebagai pimpinan dan akan terus berfikir untuk mengagas SMPN 4 menjadi sekolah Berkarakter dan berbasis lingkungan. 

Maka sangat mungkin jika SMPN 4 Kota Cirebon siap menjadi sekolah Adiwiyata dengan menerapkan nilai-nilai ramah lingkungan dan peduli akan makhluk hidup di sekolah setempat.

H. Elang Tomy Iplaludin juga menegaskan, pihaknya menerapkan prinsip sekolah Adiwiyata itu sebagai bentuk apresiasi dan evaluasi, khususnya SMPN 4, dengan tujuan ingin SMPN 4 membawa pengaruh terhadap kepedulian masyarakat yang ada di lingkungannya.

Yakni, nilai-nilai kepedulian terhadap lingkungan, khususnya mendekatkan kepada tanaman-tanaman hijau, dan makhluk-makhluk seperti burung dan makhluk lainnya. 

Sehingga, ada nuansa baru pada lingkungan SMPN 4.  "Pendidikan itu tidak hanya bisa didapatkan di dalam ruangan atau kelas saja dalam memberikan ilmu kepada anak didik. Tapi, di luar kelas pun anak punya hak untuk mendapatkan ilmu pengetahuan," terangnya. 

Sementara targetnya, kata Elang Tomy, setelah diberlakukannya pembelajaran tatap muka, akan ada pembelajaran yang berarti untuk peserta didik yaitu terkait pendidikan berkarakter yang langsung dirasakan oleh mereka.

Tak hanya itu, Elang Tomy dan para guru juga kerap rapat dan melakukan evaluasi atas capaian pengajaran, pembelajaran (proses KBM) dan pendidikan (prestasi siswa), guna menuju visi misi sekolah di SMPN selama darring. (din)  

Terkini