Sambut Idul Fitri 1444 H, Pengurus Surau Al Munawwar Adakan Kegiatan Takbir Keliling

MALAM KEGEMBIRAAN : Luapkan rasa syukur atas kemenangan satu bulan penuh dalam melaksanakan puasa di bulan suci ramadhan, warga Dusun Suka Damai, Desa Air Saga yang dilaksanakan Pengurus Surau Al Munawwar.



KABUPATEN BELITUNG, FC - Malam Idul Fitri 1444 H menjadi kegembiraan tersendiri bagi para warga di Dusun Suka Damai, Desa Air Saga. Melalui rasa syukur ini, Pengurus Surau Al Munawwar mengadakan gema takbir keliling di lingkungan Surau Al Munawwar.

Kegiatan tersebut dalam rangka menyambut hari Raya Idul Fitri dan kegiatannya melibatkan 4 Kepala RT di lingkungan Dusun Suka Damai Desa Air Saga.

"Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan Pengurus Surau Al Munawwar pada setiap menyambut hari Raya Idul Fitri maupun Idul adha," kata Farid Wajdi, tokoh masyarakat setempat.

Faris juga menjelaskan, pada agenda tahun ini berbeda dengan kegiatan sebelumnya, karena pada tahun ini panitia yang tergabung dalam Kepengurusan Surau Al Munawwar mengemas kegiatan ini menjadi ajang perlombaan yang diikuti oleh peserta dari masing-masing RT dan warganya.

Adapun peserta yg mengikuti lomba tersebut adalah Ketua RT 03 beserta warganya, Ketua RT 04 beserta warganya, Ketua RT 05 beserta warganya, Ketua RT 06 beserta warganya yang terdiri dari anak-anak dan orang dewasa.

Ketua Surau Al Munawwar, Rachmad mengatakan, bahwa tujuan kegiatan ini adalah melestarikan budaya positif yang sudah ada dan untuk mempererat hubungan silaturrahmi antara Ketua RT dan warga di lingkungan Surau Al Munawwar dan Dusun Suka Damai.

Sementara menurut Ketua Ikatan Qori-Qori'ah dan Hafidz- Hafidzoh (IPQAH) Kabupaten Belitung Feri Firdaus S.Pd.I menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan tersebut dengan memberikan support berupa piala bergilir dan uang pembinaan kepada para pemenang.

"Ya, para anggota IPQAH terlibat langsung dalam penjurian," jelas Feri Firdaus S.Pd.I kepada media.

Feri Firdaus juga menjelaskan terkait  kriteria penilaian lomba, di antaranya  meliputi tanda pengenal peserta (spanduk/ papan identitas), Kreatifitas, Jumlah peserta dan lainnya. 

"Alhamdulillah, animo masyarakat sangat luar biasa dalam menyambut baik kegiatan ini, hal itu dapat dilihat dari para Ketua RT dan warga yang sudah berkumpul mempersiapkan konsep dan bergotong royong sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan.


Sedangkan rute yang akan dilewati, ujar Feri Firdaus, Start dimulai dari jalan Munir sebagai titik kumpul di Surau Al Munawar, Gang Barda, kemudian Jalan  Air Serkuk, Pak Tahau dan kembali Finish di Jalan Munir, yakni di lokasi Surau Al Munawwar. (din)


Terkini