Prof Dr H Aan Jaleni M.Ag Sambut Baik Program Kolaborasi Antara IAIN Cirebon Dengan Universitas Islam Internasional Sultan Abdul Halim Muadzam Shah (UniSHAMS) Malaysia

FOKUS CIREBON, FC - Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Prof Dr H Aan Jaelani, M.Ag menyambut baik, bahkan sangat mendukung program kolaborasi penulisan antara IAIN Cirebon dengan Universitas Islam Internasional Sultan Abdul Halim Muadzam Shah (UniSHAMS) Malaysia. 

"Ini adalah semangat untuk meningkatkan publikasi internasional, yang kini terus dikejar oleh Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) IAIN Syekh Nurjati dan Fakultas Bahasa Arab Universitas Islam Internasional Sultan Abdul Halim Muadzam Shah (UniSHAMS) Malaysia," terang Prof Aan.

Keduanya, kata Prof Aan, telah menggelar short course dan program kolaborasi penulisan, sebuah inisiatif untuk merangsang produktivitas karya tulis mahasiswa. 

"Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari Kerjasama dan Program International Lecturer Mobility yang diselenggarakan pada Mei 2023 lalu, yang memberikan peluang berharga bagi dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dan pengakuan internasional," paparnya.

Menurut Prof. Aan, langkah ini sangat strategis bagi IAIN Syekh Nurjati. Hal ini sesuai dengan semangat yang selalu digelorakan kita mengenai peningkatan keterampilan menulis dan upaya menjalin hubungan kerjasama dan serta publikasi internasional. 

Terutama sekali mengingat bahwa kualitas pendidikan tinggi harus mendukung kesiapan mahasiswa dan civitas akademika secara umum dalam menghadapi tantangan dunia global. 

Dr. Anwar Sanusi, M.Ag, Dekan FUA IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam kesempatan berbeda menegaskan bahwa kegiatan ini memiliki peran penting dalam mewujudkan visi pengembangan fakultas yang unggul dan berprestasi. 

Dr. Anwar menekankan bahwa FUA tengah berkomitmen kuat untuk mendorong pengakuan internasional di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. 

Sementara itu, Short course kolaboratif dalam bidang penulisan ini dibuka secara resmi pada Senin (7 Agustus) oleh Dr. Mohd Syauqi Bin Arshad, Dekan Fakultas Bahasa Arab UniSHAMS, dan Wakhid Nashruddin, Ph.D., Wakil Dekan Fakultas Ushuludin dan Adab IAIN Syekh Nurjati. Dr. Mohd Syauqi Bin Arshad menunjukkan apresiasi terhadap inisiatif kolaborasi ini. 

Ia menggambarkan kelas penulisan ini sebagai bukti nyata kerjasama yang kuat antara dua universitas dalam meningkatkan kualitas dan jumlah publikasi mahasiswa. 

“Kolaborasi semacam ini mendorong kreativitas dan inovasi, serta membentuk keterampilan yang sesuai dengan perkembangan zaman,” tambahnya.

Sedang menurut Erfan Gazali, MSI, selaku Koordinator Program, bahwa Short Course ini akan berlangsung selama satu semester dari Agustus hingga Desember 2023. 

Program ini mencakup dua jenis penulisan, yaitu Penulisan Berbasis Riset dan Penulisan Sastra. Materi yang akan diajarkan oleh para mentor mencakup bahan dasar, keterampilan menulis, praktik menulis, serta penilaian dan evaluasi.

Pendapat senada diungkapkan oleh Wakhid Nashruddin, Ph.D., yang menggarisbawahi betapa pentingnya keterampilan menulis dalam dunia akademik dan profesional. Kolaborasi mahasiswa dari kedua universitas, yang memiliki beragam bakat dan perspektif, diharapkan dapat menghasilkan karya tulis bermutu dan bermakna.

Tidak ketinggalan, Erfan Gazali, MSI juga menambahkan bahwa angkatan pertama short course ini diikuti oleh 17 mahasiswa, terdiri dari 9 mahasiswa dari UniSHAMS dan 8 mahasiswa dari BSA IAIN Syekh Nurjati. 

Mentor yang terlibat berjumlah 9 orang dosen, terdiri dari 6 dosen BSA dan 3 dosen UniSHAMS. Rencananya, proses pembelajaran akan mencakup pemaparan materi, pendampingan penulisan, proses editing, hingga penerbitan buku dengan ISBN dan artikel di jurnal-jurnal terakreditasi pada tanggal 18 Desember 2023, yang bertepatan dengan peringatan Hari Bahasa Arab Sedunia.

Salah satu peserta program, Sharifah Farhana Al Edruce Binti Wan Saed, dari UniSHAMS, mengungkapkan pentingnya peluang ini dalam memahami dan menerapkan pendekatan baru dalam menulis. 

Dalam kolaborasi dengan mahasiswa BSA IAIN Syekh Nurjati, ia merasa bahwa ini akan memberikan wawasan baru dan melengkapi sudut pandangnya, sambil mengasah bakat menulisnya. 

“Saya merasa beruntung bisa mendapatkan arahan dari mentor yang berasal dari dua negara dengan reputasi dalam publikasi ilmiah internasional dan terindeks Scopus. Saya ingin menghasilkan artikel jurnal berkualitas,” tutupnya dengan semangat.

Semangat kolaborasi lintas batas dan dorongan untuk meningkatkan kualitas publikasi internasional kian tampak di Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) IAIN Syekh Nurjati. Kegiatan ini tak hanya sebagai tindak lanjut program sebelumnya, namun juga sebagai bukti nyata bahwa kerjasama lintas negara dapat menghasilkan karya-karya unggul yang memberi nilai tambah pada pendidikan tinggi dan masyarakat secara keseluruhan.

Inisiatif semacam ini tak hanya memupuk kreativitas, tetapi juga menunjukkan komitmen dalam menghadapi perubahan zaman yang terus bergerak cepat. Kolaborasi ini melahirkan semangat untuk menulis, menggali gagasan, dan berbagi pengetahuan. 

Dengan demikian, short course dan kolaborasi penulisan ini bukanlah sekadar acara, melainkan juga jembatan menuju masa depan pendidikan yang lebih gemilang dan berdaya saing di tingkat internasional. 

Semoga kerja sama semacam ini terus bersemi dan menghasilkan buah-buah yang tak terduga, menerangi jalan mahasiswa dalam mengejar pengetahuan dan eksplorasi di era global ini. (din)

Terkini