Hari Pers Nasional, Wali Kota Cirebon Apresiasi Peran Wartawan Terhadap Pembangunan


FOKUS CIREBON, FC - Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH, pada acara syukuran dalam rangka Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 di ruang Adipura Kencana, Balai Kota Cirebon, menyampaikan bahwa Wartawan memiliki peran yang menonjol dalam pembangunan.

Wartawan yang bertugas di Kota Cirebon, lanjutnya, memiliki kemampuan yang tidak diragukan lagi dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Ucapan terima kasih dan rasa bangga saya kepada insan pers yang ada di Kota Cirebon,” ungkap Azis, Selasa (9/2/2021).

Rasa bangga ini dikarenakan insan pers yang ada di Kota Cirebon memiliki kemampuan yang luar biasa dalam menjalankan tugas jurnalistik mereka sehari-hari.

Tidak hanya itu, insan pers di Kota Cirebon juga memiliki semangat untuk turut serta dalam pembangunan di Kota Cirebon, khususnya dalam mencerahkan dan mencerdaskan masyarakat.

“Perannya sangat menonjol dalam pembangunan di Kota Cirebon,” tuturnya.

Namun kemampuan yang luar biasa yang telah dimiliki insan pers di Kota Cirebon diminta untuk terus ditingkatkan.

“Seperti kata Ketua PWI tadi, bagi yang belum memiliki sertifikat kompetensi wartawan, atau semacam ‘SIM’ nya wartawan, segera membuatnya,” ungkap Azis.

Standar kompetensi wartawan ini menggambarkan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan atau keahlian, dan sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas kewartawanan dari seorang wartawan.

Selain itu Azis juga meminta adanya kerjasama dan komunikasi diantara sesama wartawan sehingga tercipta satu kesatuan. “Ibaratnya pemain bola, wartawan itu seperti Ronaldo, seperti Messi,” paparnya.

Mereka sudah memiliki kemampuan yang hebat, namun untuk bisa memenangkan pertandingan diperlukan kekompakan tim. “Disini dibutuhkan kekompakan antar media,” ucapnya.



Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon, Ma’ruf Nuryasa, AP., dalam sambutannya mengungkapkan bahwa selama ini telah tercipta kolaborasi yang baik antara wartawan dan Pemda Kota Cirebon.

“Kami selalu apresiasi itu,” ungkap Ma’ruf. Menurut Ma’ruf pers merupakan tonggak atau pilar untuk bersama-sama pemerintah melaksanakan tugas memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Pada kesempatan itu Ma’ruf juga sangat mengapresiasi upaya yang telah dilakukan wartawan di Kota Cirebon dalam meningkatkan kemampuan mereka.

“Setiap hari Jumat mereka berkumpul untuk meningkatkan literasi terkait jurnalistik di salah satu tempat,” ungkap Ma’ruf.

Untuk itu, dalam waktu dekat DKIS Kota Cirebon akan membuatkan co-working spaceyang bisa dimanfaatkan wartawan sebagai tempat silaturahmi untuk meningkatkan kemampuan literasi mereka. “Dilengkapi akses internet, tv layar lebar hingga kopi,” ungkap Ma’ruf.

Sementara itu Ketua PWI Cirebon, Moh. Noli Alamsyah, mengungkapkan pada momen HPN 2021 ini, wartawan diminta untuk membantu program pemerintah. “Di masa pandemi Covid-19 ini kita berupaya untuk membantu program pemerintah mengedukasi kepada masyarakat apa itu Covid-19,” ungkap Noli.

Pada kesempatan itu, Noli juga meminta kepada wartawan untuk senantiasa meningkatkan kemampuan dan kualitasnya. “Mari kita berkarya melalui karya-karya jurnalistik kita,” ungkap Noli. (Nur)

Terkini