Wakil Wali Kota : Memajukan Kota Cirebon Butuh Sinergitas

FOKUS CIREBON, FC - Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati, usai menghadiri Musrenbang RKPD Perencanaan Tahun 2022 di Kecamatan Pekalipan Tahun Anggaran 2021, mengungkapkan sinergitas pembangunan untuk memajukan Kota Cirebon dibutuhkan.

Oleh karenanya, program yang ada di setiap dinas diminta bisa masuk ke tingkat kecamatan dan kelurahan. 

“Sinergitas antara dinas, kecamatan dan kelurahan dibutuhkan. Untuk itu, program yang ada di setiap dinas yang ada di Kota Cirebon diminta masuk dan bersinergi dengan kelurahan dan kecamatan. Jadi Camat dan Lurah dapat berperan aktif,” ungkap Eti, Selasa (9/2/2021).

Eti mencontohkan, misalnya program yang ada di DKOKP Kota Cirebon untuk kegiatan dan pembangunan pariwisata bisa disinergikan dengan lurah dan camat dimana wisata tersebut akan dibangun.

Dengan begitu, seluruh masyarakat bisa turut merasa memiliki dan mendukung keberadaan lokasi wisata tersebut, jadi sinergitasnya. 

Selanjutnya Eti juga meminta agar setiap Camat di Kota Cirebon tetap semangat di tengah-tengah keterbatasan anggaran.

“Saya tahu, refocusing ini menimbulkan kekecewaan kita semua. Tapi tetap semangat karena penanganan Covid-19 juga membutuhkan anggaran yang cukup besar, jelas Eti.

Pada kesempatan itu Eti juga berharap sejumlah target yang tidak bisa dicapai pada 2020 bisa dicapai tahun ini. “Mudah-mudahan 2022 tidak ada refocusing lagi,” ungkap Eti

E.tiementara itu Camat Pekalipan, Gandi, S.STP, M.Si, mengungkapkan Kecamatan Pekalipan memiliki potensi wisata yang cukup besar. Hanya saja selama ini belum digali dengan maksimal.

“Biasanya dari Dinas Pariwisata langsung ke lokusnya. Kami, camat dan lurah, hanya dilibatkan sebatas launchingnya,” kata Gandi.

Padahal baik kelurahan maupun kecamatan memiliki konsep yang cukup bagus untuk pengembangan wisata di daerah mereka masing-masing. (din)


Terkini